Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo Total 8 Orang Tewas Selama Tahun 2021

2 min read

Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo

Kecelakaan hari ini – Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo kembali terjadi, sebuah kecelakaan karambol terjadi di jalur yang terkenal dengan nama jalur tengkorak Kertek-Parakan, tepatnya di Dusun Gondang, Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek, Wonosobo, pada hari Senin (21/6/2021) pagi.

Sebuah truk bermuatan enam (6) ton beras yang meluncur dan diduga mengalami rem blong sehingga mengakibatkan tabrakan yang tidak bisa dihindarkan dengan dua mobil, dan satu sepeda motor. Kecelakaan ini mengakibatkan korban tiga orang tewas, dan tujuh orang lainnya mengalami luka berat. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.30.

Sepanjang tahun 2021 kami mencatat beberapa kecelakaan terjadi di jalur tengkorak Kertek – Parakan Wonosobo, Jawa Tengah. Beberapa kecelakaan tersebut adalah:

Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo tanggal 31 Maret 2021


Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Parakan-Kertek Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (31/3/2021). Kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan roda empat dan satu roda dua itu mengakibatkan seorang korban tewas. Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di Dusun Gondang, Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Kecelakaan tersebut melibatkan truk tronton DA 9117 CC, truk boks L 9110 BS, minibus Nissan Grand Livina AA 8622 UF, dan sepeda motor Yamaha Mio AA 6244 KF.

Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo tanggal 31 Mei 2021


Sebelumnya Tiga (3) minggu yang lalu di jalan raya Parakan-Wonosobo diberitakan terjadinya sebuah kecelakaan yang mengakibatkan empat (4) orang tewas ditabrak truk yang diduga juga mengalami rem blong , Senin (31/5/2021) sekitar pukul 06.30.

Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo tanggal 21 Juni 2021


Kecelakaan terjadi saat sebuah truk Mitsubishi DS yang dikendarai oleh Eko Setya Pambudi dengan identitas kendaraan nomer polisi AE 8728 GA, berumur 31 tahun, seorang warga Madiun, dengan kernet Dhian Kristiyanto, umur 32 tahun, truk melaju dari arah Temanggung menuju Wonosobo. Diduga rem truk tidak berfungsi dengan baik hingga hilang kendali saat truk sampai di turunan maut Kertek. Ketika sadar bahawasannya rem truknya tidak berfungsi, pengemudi truk berusaha membunyikan klakson berkali-kali untuk mengingatkan kendaraan di depannya agar membuka jalur untuknya. Namun pada akhirnya tabrakan tersebut tidak dapat dihindarkan lagi.

Truk tersebut melaju kencang karena daya dorong dari turunan akhirnya menabrak sebuah mobil Mitsubishi L300 bernopol AB 7167 E di depannya.
Akibatnya, mobil tersebut berputar searah jarum jam serta pengendara mobil dan sembilan penumpangnya kocar-kacir terkena hantaman truk tadi. Alih-alih berhenti, setelah menabrak mobil L300 tadi, truk terus melaju dan bertambah tidak terkontrol atau zig-zag dan masuk ke jalur arah berlawanan. Ternyata dari arah Wonosobo menuju Temanggung ada mobil pick-up dengan nomor polisi AA 1027 TZ melaju dan akhirnya tabarakan kedua kendaraan di jalur maut Wonosobo ini tidak bisa dihindari. Tak hanya menabrak mobil, truk diarahkan ke sebelah kanan oleh pengemudi untuk mengurangi korban dan kali ini korbannya adalah pengendara motor Yamaha Jupiter dengan nomer polisi AA 5487 LP, yang terserempet truk tersebut dan selamat. Akhirnya truk yang melaju, menabrak empat (4) pembatas jalan, dan jatuh ke saluran irigasi di pinggir jalan Kretek sedalam 15 meter.

Dari kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang tewas, dan tujuh orang mengalami luka-luka. Korban tewas sopir truk, dan dua penumpang L300. Korban meninggal dibawa ke RSI Wonosobo, sedangkan korban luka-luka dirawat di RSUD Wonosobo. Aparat Satlantas Polres Wonosobo yang menerima laporan langsung datang ke lokasi kejadian, dan melakukan olah TKP. Dugaan sementara, kecelakaan akibat truk mengalami rem blong.

Rekomendasi agar Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo Tidak Terjadi Kembali


Dari beberapa kecelakaan di jalur Kertek- Parakan ini ada yang bisa kita jadikan pelajaran:

  1. Selalu lakukan pengecekan kendaraan sebelum memulai perjalanan atau pengecekan (utamanya rem) sebelum melewati jalur maut ini.
  2. Jaga kecepatan aman
  3. Selalu menjaga jarak aman dengan kendaran lainnya sehingga dapat bermanuver.
  4. Pelajari dan kenali karakter jalan sebelum melewati daerah tersebut, misalnya rest area dimana bisa melakukan pengecekan kendaraan, atau ada atau tidaknya jalur penyelamat apabila rem blong yang biasanya di bangun di sebelah kiri jalan di daerah Jawa Tengah.

Kecelakaan Hari Ini berharap kecelakaan ini adalah kecelakaan terakhir di jalur maut ini.

Kecelakaan hari ini – Kecelakaan Jalur Maut Kertek Wonosobo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *