Kecelakaan Hari Ini Pemotor Yang Kehilangan Nyawa

3 min read

kecelakaan hari ini pemotor

Laporan Kecelakaan hari ini pemotor yang kehilangan nyawanya. Kendaraan roda dua tetap menjadi alat transportasi primadona masyarakat +62 Indonesia. Kendaraan bermotor ini mempunyai kelebihan diantaranya dapat mencapai lokasi yang dituju lebih cepat, harganya relatif murah apalagi banyak perusahaan financial yang menawarkan paket cicilan sehingga dengan hanya menyetor 500.000 rupiah sudah dapat membawa pulang kendaraan bermotor ini, tentunya dengan cicilan yang lebih ringan dan sudah ada asuransi kendaraan bermotor, dan pajaknya juga lebih terjangkau masyarakat. Namun, di sisi lain, risiko mengendarai motor juga sangat tinggi.

Proporsi sepeda motor di tahun 2019 yang jauh lebih besar dibandingkan jenis kendaraan lain yaitu 81,78 persen, diikuti oleh mobil penumpang dan mobil barang masing-masing 11,20 persen dan 5,30 persen. Sedangkan jenis kendaraan yang memiliki proporsi jumlah paling kecil adalah bis yaitu 1,72 persen. Hal ini disebabkan karakteristik dari jenis kendaraan tersebut, yaitu memiliki kapasitas yang cukup besar dalam mengangkut penumpang, sehingga jumlah kendaraan yang digunakan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan jenis kendaraan yang lain.
Banyak kasus kecelakaan hari ini yang tragis pemotor yang meninggal akibat mengalami kecelakaan.

(Baca juga: 6 Orang Tewas Kecelakaan di Banyumas)

1. Kecelakaan hari ini pemotor di Duduksampeyan, Gresik

Korban berusia 18 tahun tewas ketika menabrak truk yang sedang parkir di Jalan Ambeng-ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan Gresik. Korban mengendarai motor maticnya dengan kurang fokus dan seksama dalam melihat dan menilai keadaan di depannya. Belakang truk trailer yang ditabrak korban.

Pihak berwajib mengkonfirmasi kecelakaan ini murni terjadi akibat kegagalan korban dalam menilai keadaan jalan di depannya. Korban yang terkapar di tengah jalan kemudian langsung di evakuasi.

2. Kecelakaan hari ini pemotor di Tanah Sareal, Kota Bogor

Kejadian kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas Jalan Abdullah Bin Nuh, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Seorang pengendara motor yang identitasnya belum diketahui terlindas truk sampah. Seorang saksi berinisifal F (23) menyebutkan bahwa korban mengendarai sepeda motornya dalam kecepatan yang wajar. Korban terjatuh dari motor dengan sebab yang belum dikonfirmasi. Karena luka parah di bagian kepala korban dilaporkan meninggal dunia.

3. Kecelakaan hari ini pemotor di Balaraja, Kabupaten Tangerang

Seorang pengendara sepeda motor yang sampai saat ini belum diketahui identitasnya meninggal ditempat kejadian kecelakaan karena terlindas ban sebuah truk. Kecelakaan yang terjadi di Jalan Kresek Balaraja ini bermula saat kendaraan bermotor yang dikendarai korban bermaksud mendahului sebuah truk didepannya, dari sebelah kanan. Ketika dalam proses mendahului sepeda motor korban oleng ke kanan sehingga menyebabkan korban terjatuh ke arah kiri. Seketika Korban yang jatuh langsing terlindas ban belakang sebelah kanan truk.

4. Kecelakaan hari ini pemotor di Lawang, Kabupaten Malang

Seorang pengendara kendaraan bermotor meninggal dunia karena diketahui terserempet sebuah truk trailer di Jalan Raya Wahidin, Lawang, Kabupaten Malang. Sebelumnya, korban berinisial P bermaksud menghindari sepeda motor yang terjatuh. Namun, pada saat yang bersamaan sebuah truk trailer melaju menyebabkan korban terjatuh sehingga korban mengalami luka berat di kepala dan akhirnya meninggal di tempat kejadian kecelakaan.

5. Kecelakaan hari ini pemotor di Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Bermula dari niat korban yang bermaksud menyalip mobil saat melintas di Jalan Raya Alternatif Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Saat itu, korban menggunakan jalur cepat dan bermaksud menyalip mobil di depannya dari sisi kiri.

Nahas, pada saat menyalip tersebut, stang kiri motor korban menyenggol badan truk tangki, sehingga menyebabkan motor korban kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Korban meninggal dunia akibat terlindas ban kanan truk tangki air.

Rekomendasi sementara sebagai pembelajaran

Agar tidak terjadi kecelakaan berkendara motor berikut adalah rekomendasi dan tips keselamatan berkendara:
Salah satu penyebab kecelakaan sepeda motor, yaitu kurangnya pengetahuan dari pengendara akan posisi berkendara yang benar. Khususnya, pada pemula yang banyak menggunakan skuter matik (skutik).

Berikut adalah sikap dasar yang dapat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Sikap ini diketahui dapat membantu pengendara untuk lebih waspada bahaya dan risiko dan sigap selama di jalan.

  1. Pandangan dan fokus Mata
    Pandangan diusahakan harus lurus menghadap ke depan tentunya perlu sesekali mengamati kondisi sebalah kiri dan kanan atau sekeliling motor tentunya dilakukan secara cepat. Pengendara sepeda motor juga tidak hanya mengandalkan melihat kaca spion saja untuk melihat kondisi sekeliling selama perjalanan. Karena, kaca spion memiliki blind spot atau titik buta yang ketika kita perhatikan terkadang kendaraan lain tidak terlihat pada posisi tertentu.
  2. Pundak
    Sikap pundak harus dalam keadaan rileks tidak terjadi fatigue atau kelelahan saat berkendara sepeda motor. Sikap pundak yang tegang tak hanya akan membuat pengendara cepat lelah, akan membuat pengendara juga merasa kesulitan dalam melakukan manuver.
  3. Posisi Lengan
    Lengan harus membentuk siku untuk kesiapan tubuh bermanuver.
  4. Genggaman jari tangan pada tuas gas sepeda motor sangat penting untuk diperhatikan.
    Tuas gas sepeda motor harus digenggam dengan empat jari penuh karena sehingga tuas gas tertutup dan kendaraan melambat. Sedangkan pengereman dengan menggunakan dua jari hanya dilakukan saat racing atau membalap dan merupakan cara salah dalam berkendara di jalan raya.
  5. Pinggul si pengendara harus nyaman dan sempurna duduk di atas jok sepeda motor.
    Untuk mendapatkan posisi pinggul yang nyaman, kebiasaan dari para pengendara berdiri sebentar lalu duduk menempatkan pantatnya tepat di jok.
  6. Posisi Lutut
    Pengguna skutik menempatkan posisi kaki harus rapat dan berada di balik sayap depan kendaraan sehingga seluruh bagian kaki akan terlindungi di balik sayap / eblek motor skutik. Sangat berbahaya bila membuka kaki terlalu lebar, karena berisiko terserempet kendaraan lain.
  7. Posisi Kaki
    Posisi kaki si pengadara motor harus lurus dan berada di atas footstep untuk motor bebek atau motor sport dan dek tengah untuk skutik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *